Memaknai Infotainment yang Sebenarnya

Memaknai Infotainment yang Sebenarnya

Infotainment adalah sebuah kata yang berasal dari dua kata, yaitu info dan entertainment. Jika kedua kata digabungkan bermakna informasi tentang dunia hiburan. Jika dimaknai dengan jelas berarti informasi tentang perkembangan dunia hiburan, mulai dari produksi hiburan, produk hiburan, dan pelaku hiburan.

Sekarang infotainment dimaknai dengan informasi pelaku hiburan dari sisi negatif, mulai dari memberitakan gosip sampai sensasi. Bahkan tak jarang memojokkan beberapa pelaku dunia hiburan seakan-akan mereka harus menanggung akibatnya.

Mangkanya, tak heran bila masyarakat Indonesia, terutama sebagian besar kaum wanita remaja hingga dewasa menggemari tayangan infotainment dan membicarakan artis yang terkena skandal, misalnya, atau salah seorang artis wanita yang menggugat cerai suaminya. Padahal apa yang mereka bicarakan belum tentu benar dan belum diklarifikasi oleh artis tersebut.

Namun, di setiap pemberitaan di infotainment mengandung maksud yang berbeda. Contohnya, beberapa waktu yang lalu, artis sekaligus komedian Alm. Olga Syahputra digosipkan dekat dengan Jesicca Iskandar. Padahal, hubungan mereka berdua hanya sebatas teman saja demi sikap professional mereka dalam bekerja. Jadi, gosip tersebut bertujuan menaikkan popularitas mereka berdua.

Sebagai pemirsa cerdas, jika kita menonton infotainment, kita harus memilih dan memilah mana berita yang benar-benar fakta dan mana berita yang benar-benar gosip. Tentu, kita sulit mengatur pemilik modal stasiun TV agar menyajikan infotainment yang 100& fakta dan tanpa gosip karena sebagian besar masyarakat Indonesia suka dengan hal yang berbau gosip, apalagi dibumbui dengan sensasi dan kehebohan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *